Ekspose Roadmap Reformasi Birokrasi 2013

Selasa, 24 Desember 2013 menjadi puncak kegiatan penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Banjarmasin. Seyogyanya roadmap tersebut  telah selesai beberapa bulan silam dan telah diterbitkan Peraturan Walikota Banjarmasin sebagai dasar hukum implementasinya. Namun dikarenakan baru rampung proses pencetakan buku Roadmap tersebut, maka baru pada akhir tahun Roadmap dimaksud dapat diekspose. Kegiatan ekspose yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si selaku Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi

DSCF0017.JPG (1600×1200)

Pemko Banjarmasin berlangsung di Aula Kayuh Baimbai. Ekspose dihadiri seluruh Kepala SKPD, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, hingga Camat dan Lurah se Kota Banjarmasin.
Dalam paparannya yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kabag Organisasi, Ketua Tim Pelaksana RB Pemko Banjarmasin mengemukakan beragam agenda penting tahun 2013-2015 yang menjadi prioritas implementasi Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemko Banjarmasin. Ada 9 program Reformasi Birokrasi yang menjadi kewajiban daerah khususnya yang ditetapkan sebagai pilot project seperti Kota Banjarmasin, meliputi : Manajemen Perubahan, Penataan Peraturan Perundang-undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Penguatan Pengawasan, serta Program Monev dan Pelaporan.

DSCF0020.JPG (1600×1200)

Sebagian kegiatan terkait program-program di atas telah dilaksanakan seperti penyusunan Analisis Jabatan, Assesmen Individu, dsb. Beberapa kegiatan seperti penyusunan SOP dan Standar Pelayanan sedang berlangsung dan sebagian SKPD/ Unit kerja telah rampung. Beberapa kegiatan lain akan segera dilaksanakan mulai tahun 2014, salah satunya adalah Tata Naskah Dinas Elektronik dan Penilaian Kinerja Individu dengan menggunakan instrumen Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Diakhir paparan, Ketua Tim Pelaksana menyampaikan harapan tekait perlunya dukungan komitmen segenap aparatur Pemko Banjarmasin untuk suksesnya Reformasi Birokrasi yang diagendakan dalam Roadmap. Karena tanpa adanya komitmen, sebaik apapun Roadmap disusun tidak akan memberikan hasil yang diharapkan.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.